PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)
Author: Komaladewi, Dian
Abstract: Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting perusahaan dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan. Salah satu aktivitas perusahaan yaitu pemberian gaji sebagai balas jasa dari perusahaan kepada pegawai. Pemberian jasa ini merupakan proses dimana pelaksanaannya butuh suatu pengendalian yang memadai agar tidak terjadi suatu penyimpangan. Biaya gaji sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Biaya gaji merupakan jenis biaya yang cukup besar dibandingkan jenis biaya lainnya. Sehingga pengendalian internal atas gaji sangat dibutuhkan guna menghindari kecurangan atau penggandaan yang dilakukan oleh pegawai dalam penerimaan gajinya. Penelitian ini dilakukan pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PT. INTI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian audit internal atas penggajian, mengetahui efektivitas pengendalian internal gaji, dan peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas gaji. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner (data primer). Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa audit internal pada PT. INTI telah dilakukan dengan memadai dan demikian pula dengan pengendalian internal atas penggajian pada PT. INTI telah dilaksanakan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari presentase jawaban kuesioner sebesar 85,5 %. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu: “Audit Internal yang dilaksanakan dengan memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7378
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 182.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 94.22Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 95.68Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 135.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 127.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 92.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 119.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 245.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 151.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 316.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 150.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record