EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK (Studi Kasus Pada PT. PINDAD (Persero))

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK (Studi Kasus Pada PT. PINDAD (Persero))

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK (Studi Kasus Pada PT. PINDAD (Persero))
Author: Banuwati, Cucu Sri
Abstract: Aktiva tetap yang dimiliki perusahaan mempunyai masa manfaat lebih dari satu periode. Oleh karena itu aktiva tetap yang dimiliki tersebut memerlukan pengelolaan dan kebijakan yang cermat dalam penggunaan, pemeliharaan dan pencatatan aktiva. Depresiasi merupakan pengalokasian jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan oleh karena itu, dalam pemilihan metode depresiasi perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi metode depresiasi yaitu : harga perolehan aktiva, nilai sisa atau nilai residu, masa manfaat dan pola penggunaan. Pengalokasian beban dari aktiva tetap ini nantinya akan dapat berpengaruh pada harga pokok produksi. Besarnya harga pokok produksi nantinya akan juga dapat mempengaruhi pada penentuan harga jual produk. Berdasarkan uraian di atas penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana kesesuaian penetapan kebijakan mengenai metode depresiasi aktiva tetap perusahaan dengan SAK dan landasan teori, (2) Bagaimana pengaruh kebijakan perusahaan dalam menetapkan metode depresiasi aktiva tetap terhadap harga pokok produksi dalam penetapan harga jual produk Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan pengaruh penerapan metode depresiasi aktiva tetap perusahaan terhadap besarnya Harga Pokok Produksi (HPP) dalam penentuan harga jual produk, dan mencari hubungan dasar antara teori dan kenyataan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode depresiasi aktiva tetap perusahaan mengenai memadai atau tidaknya, untuk menganalisis sejauh mana pengaruh penerapan metode depresiasi aktiva tetap tersebut terhadap Harga Pokok Produksi dalam Penentuan Harga Jual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dan metode historis. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara, observasi, dan mempelajari metode, catatan-catatan yang berlaku pada perusahaan,sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah dengan cara membandingkan penerapan metode depresiasi aktiva tetap perusahaan, dengan metode depresiasi lain yang sesuai dengan PSAK, dan menerapkan hasil perhitungan depresiasi tersebut terhadap penetapan Harga Pokok Produksi kemudian menentukan harga jual produk. Berdasarkan hasil penelitian bahwa PT. PINDAD (Persero) menerapkan metode depresiasi Garis Lurus (Straight Line Method) dalam perhitungan depresiasi bangunan dan metode depresiasi Saldo Menurun (Declining balance method) dalam perhitungan aktiva tetap lainnya. Dimana dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode depresiasi aktiva tetap perusahaan telah memadai dan penerapan metode depresiasi aktiva tetap perusahaan tidak dapat mempengaruhi besarnya Harga Pokok Produksi dalam penentuan harga jual produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7377
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 56.28Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 150.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 62.34Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 175.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.82Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record