PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERKREDITAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERKREDITAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERKREDITAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT INVESTASI (Studi Survei Pada Beberapa Bank di Bandung)
Author: Mulyono, Chandra Mardiana
Abstract: Bank merupakan salah satu bentuk lembaga, dimana aktivitas utamanya bergerak dalam bidang keuangan. Salah satu aktivitas keuangan yang dilaksanakan oleh bank yaitu dalam pemberian kredit. Pemberian kredit merupakan salah satu sumber pendapatan bank disamping aktivitas lainnya. Pendapatan tersebut diperoleh dari hasil selisih penetapan bunga simpanan dengan bunga pinjaman (Spread Based). Tidak sedikit bank yang mengalami kerugian. Kerugian ini ditumbulkan oleh faktor intern maupun ekstern bank. Dari intern bank tersebut salah satunya bisa dikarenakan lemahnya pengendalian internal pemberian kredit. Sistem informasi akuntansi perkreditan merupakan seperangkat sumber daya yang dimiliki oleh perusahan yang bekerja sama satu dengan yang lainnya untuk mengolah data kredit menjadi informasi kredit yang berguna bagi pengambilan keputusan pemberian kredit khususnya kredit investasi. Dalam penelitian ini, penulis meneliti mengenai sistem informasi akuntansi perkreditan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi. Dari hasil analisis yang penulis lakukan terbukti bahwa sistem informasi akuntansi perkreditan bank-bank yang diteliti oleh penulis telah dilaksanakan dengan memadai. Hal ini terbukti sebesar 91.2% reponden menyatakan sangat penting dan penting. Sedangkan yang menyatakan ragu-ragu sebesar 8,8 %. Disamping itu juga, dengan analisis yang penulis gunakan berdasarkan jawaban responden, bahwa ternyata dengan adanya sistem informasi akuntansi perkreditan yang memadai dapat memberikan pengaruh terhadap efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi. Dari 20 responden yang menjawab untuk efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi, sebesar 95,8% menyatakan sangat penting dan penting sedangkan yang menyatakan ragu-ragu sebesar 4,2 %. Selain itu juga hasil dari korelasi Rank Spearman menunjukan bahwa hubungan antara sistem informasi akuntansi perkreditan dan efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi sebesar 0,855, hal ini menunjukan bahwa hubungan antar keduanya kuat. Kemudian dilihat dari uji tingkat signifikansi, menunjukan sebesar 7,002. ini berarti menunjukan bahwa hipotesis yang penulis kemukakan mengenai pelaksanaan sistem informasi akuntansi perkreditan yang memadai dapat menunjang terciptanya efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi, dapat diterima. Dari hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi perkreditan yang memadai memberikan kontribusi sebesar 73,14% terhadap efektivitas pengendalian internal pemberian kredit investasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7376
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 106.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 109.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 203.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 151.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 232.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 11.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record