PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Garut)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Garut)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Garut)
Author: Tanjung, Andri Syeptiar
Abstract: Dalam layanan jasa komunikasi, selain dalam bentuk telekomunikasi, media cetak, dan lainnya, bidang pelayanan dalam bentuk jasa pos sangat diperlukan bagi kelancaran dalam berhubungan dengan berbagai pihak. Karena pentingnya perusahaan tersebut, maka perusahaan harus mengembangkan usaha sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungan hidup perusahaan. Manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja manajer pusat laba dapat diukur, maka akuntansi pertanggungjawaban perlu ditetapkan agar informasi yang dihasilkan dapat berperan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja manajer pusat laba sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Garut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Pos Indonesia (Persero) dan mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam meningkatkan kinerja manajer pusat laba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu melalui fakta yang diperoleh dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan instrumen berupa kuesioner dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Penulis juga melakukan wawancara langsung untuk memperoleh data primer. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan sebesar 87,5 % yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini ditunjang dengan peranan akuntansi pertanggungjawaban yang cukup memadai untuk meningkatkan kinerja manajer pusat laba, dengan hasil anggaran dan realisasi laba PT. Pos Indonesia (Persero) tahun 2007 sebesar Rp 186.930.000,00 dan Rp161.277.937.,00 yang berarti dapat mencapai target laba sebesar 86,27 %, dan terdapatnya peningkatan laba usaha dari tahun 2006 ke tahun 2007 sebesar 0.44 %.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7375
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 35.24Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 44.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 62.65Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 63.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 39.71Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 39.91Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 42.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 98.19Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 184.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 176.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 61.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 62.11Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record