PENGARUH KOREKSI FISKAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH KOREKSI FISKAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH KOREKSI FISKAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK BADAN (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)
Author: Ulhaq, Zaki
Abstract: Laporan keuangan dipersiapkan untuk memenuhi tujuan tertentu, dan tujuan ini pada akhirnya akan mempengaruhi bentuk dan isi dari laporan keuangan tersebut. Laporan keuangan yang dipersiapkan untuk kepentingan komersial akan berbeda dengan laporan keuangan yang dipersiapkan untuk kepentingan perpajakan. Laporan keuangan komersial disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), sedangkan laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan (laporan keuangan fiskal) disusun berdasarkan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan Perpajakan.Pada saat melakukan penghitungan besarnya pajak penghasilan terutang seringkali ditemui adanya perbedaan antara laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal, hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pengakuan mengenai penghasilan dan biaya yang bersifat current dan permanent. Bertolak dari uraian di atas, penulis tertarik untuk membahas masalah ini dengan kesimpulan awal sebagai berikut : “koreksi fiskal berpengaruh terhadap besarnya pajak penghasilan wajib pajak badan “. Objek penelitian ini adalah perusahaan jasa telekomunikasi PT. Telkom Indonesia, Tbk., unit corporat income tax. Penulis menggunakan metode deskriptif analitik dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Data yang yang kemudian disusun, diolah dan dianalisis serta diperiksa korelasinya sehingga dapat dibuat kesimpulan dan saran dengan tujuan untuk memberikan deskripsi atau gambaran yang sistematik Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pengaruh Koreksi Fiskal terhadap Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan dilihat dari analisis korelasi diperoleh r=0,215 artinya hubungan antara Koreksi Fiskal dengan Pajak Penghasilan tidak terlalu kuat atau lemah. Pengaruh Koreksi Fiskal terhadap Pajak Penghasilan diperoleh kd=0,0462 dan berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa t hitung < t tabel atau 0,582 < 1,833 maka pengujian hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak artinya Pengaruh Koreksi Fiskal terhadap Pajak Penghasilan tidak beperan secara signifikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7372
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 56.68Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.43Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 70.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 72.62Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.84Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 204.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 123.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 156.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 73.70Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 68.95Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record