PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PROSES PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pikiran Rakyat Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PROSES PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pikiran Rakyat Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PROSES PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Pikiran Rakyat Bandung)
Author: Tjitrahadi, Yosef
Abstract: Aktivitas proses produksi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam suatu perusahaan industri/manufaktur. Terhambatnya aktivitas proses produksi dalam perusahaan industri/manufaktur dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu, kegiatan proses produksi harus selalu dikendalikan dan diawasi sehingga proses produksi tidak terhambat. Aktivitas proses produksi yang tidak terkendali, terencana dan dilaksanakan secara memadai dapat berakibat tujuan perusahaan tidak akan tercapai atau dalam hal ini aktivitas proses produksi dapat dikatakan tidak efektif. Untuk mewujudkan aktivitas proses produksi yang terencana maka dibutuhkan suatu sistem informasi akuntansi proses produksi yang memadai sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai. Penelitian ini menekankan pada apakah benar sistem informasi akuntansi proses produksi dapat menunjang efektivitas proses produksi pada perusahaan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul “Peranan Sistem Informasi Akuntansi Proses Produksi dalam Menunjang Efektivitas Proses Produksi (studi kasus pada PT. Pikiran Rakyat Bandung)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari sistem informasi akuntansi proses produksi yang diterapkan pada PT. Pikiran Rakyat Bandung, selain itu, untuk mengetahui apakah proses produksi pada PT. Pikiran Rakyat Bandung telah berjalan dengan efektif atau tidak, dan yang terakhir adalah untuk menilai seberapa besar peranan sistem informasi akuntansi proses produksi dalam menunjang efektivitas proses produksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan teknik pengumulan data berupa penelitian kepustakaan, wawancara, observasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi proses produksi telah memadai hal ini dapat dilihat dengan adanya unsur-unsur sistem informasi akuntansi seperti formulir dan catatan atas transaksi, peralatan dan sumber daya manusia, laporan dan prosedur-prosedur yang memadai. Begitu pula dengan pelaksanaan aktivitas proses 3 produksi telah dijalankan dengan efektif dapat dilihat dilaksanakannya unsur-unsur efektivitas proses produksi. Berdasarkan hasil pengujian statistik, yaitu dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh hasil bahwa sistem informasi akuntansi proses produksi berperan dalam menunjang efektivitas proses produksi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji statistik korelasi rank spearman yaitu sebesar 0,7779 yang dapat diinterpretasikan mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Sedangkan peranan sistem informasi akuntansi proses produksi berperan sebesar 60,51% dalam menunjang efektivitas proses produksi dan sisanya sebesar 39,49% ditunjang oleh hal lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7371
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 159.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 126.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 116.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 179.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 261.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 297.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.349Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 144.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 146.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record