MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus pada PT. Danareksa (Persero))

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus pada PT. Danareksa (Persero))

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Kasus pada PT. Danareksa (Persero))
Author: Amelia, Vanda
Abstract: Dalam melakukan investasi, seorang investor tidak begitu saja dapat melakukan jual beli di pasar modal, tetapi harus terlebih dahulu menjadi nasabah di salah satu perusahaan sekuritas. Analis perusahaan sekuritas tersebut akan membantu investor dalam menganalisis laporan keuangan perusahan emiten untuk menentukan di mana investasi sebaiknya dilakukan dan dengan harapan memperoleh return yang tinggi bagi investor. Analis perusahaan sekuritas akan melakukan pengukuran kinerja keuangan perusahaan emiten dengan menggunakan metode Return on Investment (ROI) yaitu metode yang yang sudah lazim digunakan. Didukung dengan pendekatan Economic Value Added (EVA), pendekatan ini mula-mula dipopulerkan pada akhir tahun 1980-an oleh Stern Stewart & Co, dengan formula baru bahwa Economic Value Added (EVA) adalah faktor yang paling relevan dalam menentukan dan mengukur kinerja keuangan perusahaan. Sehubungan dengan masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada perusahaan sekuritas yaitu PT. Danareksa (Persero) yang berlokasi di Gedung Wahana Bakti Pos Jalan Banda Nomor 30 Bandung untuk mengetahui manfaat yang diberikan Return on Investment (ROI) dan Economic Value Added (EVA) dalam keputusan investasi yang disarankan oleh analis keuangan bagi para investor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa observasi dan wawancara, dan dilakukan penelitian kepustakaan. Teknik pengolahan data dilakukan dengan mengolah data laporan keuangan perusahaan emiten dalam kelompok industri semen yaitu PT. Semen Cibinong, Tbk, PT. Semen Gresik, Tbk dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk dengan menggunakan Return on Investment (ROI) dan Economic Value Added (EVA) dan kemudian membandingkan hasilnya, di mana PT. Semen Gresik, Tbk. dengan tingkat Return on Investment (ROI) yang tinggi dan Economic Value Added (EVA) di atas 1, dan PT. Semen Gresik, Tbk. yang memberikan deviden yang tinggi bagi investor. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis tidak dapat ditolak bahwa “Analisis laporan keuangan menggunakan Return on Investment (ROI) dan Economic Value Added (EVA) telah bermanfaat dalam pengambilan keputusan investasi pada PT. Danareksa (Persero)”.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7365
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.72Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.46Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 126.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 276.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record