PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA MANAJER PENJUALAN (Studi survei pada beberapa perhotelan di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA MANAJER PENJUALAN (Studi survei pada beberapa perhotelan di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA MANAJER PENJUALAN (Studi survei pada beberapa perhotelan di Bandung)
Author: Saptuty, Ribkah Ok Dwi
Abstract: Salah satu komponen yang mempengaruhi tingginya persaingan yang terjadi di dunia usaha adalah kegiatan penjualan. Oleh karena itu, sangatlah perlu bagi perusahaan untuk melakukan pengendalian penjualan dan dalam pengelolaan suatu perusahaan diharapkan adanya kepengurusan yang baik agar kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan. Bagi perusahaan, khususnya bidang jasa perhotelan, penjualan merupakan yang sangat penting dan harus dikendalikan, karena penjualan merupakan bidang yang dinamis dengan kondisi yang berubahubah. Dari penjualan tersebut, maka perusahaaan akan mendapatkan hasil yang akan digunakan untuk menutupi biaya operasi dan sebagian lagi untuk melakukan pengembangan bagi kelangsungan hidup perusahaan dan juga untuk memperoleh laba. Dengan adanya pengendalian penjualan akan dapat meningkatkan efektivitas penilaian kinerja manajer penjualan. Salah satu alat bantu manajemen dalam meningkatkan efektivitas penilaian kinerja manjer penjualan yaitu dengan menerapkan sistem Akuntansi Pertanggungjawaban. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban ini dapat mengendalikan biaya-biaya dan kegiatan penjualan itu sendiri serta kegiatan-kegiatan lainnya agar pemakaian biaya dapat dipertanggungjawabkan Penelitian ini dilakukan pada beberapa perhotelan di Bandung. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai Juli 2007. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam pengendalian penjualan pada perusahaan jasa Perhotelan dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengendalian penjualan pada perusahaan jasa perhotelan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi survey, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner ( data primer). Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Untuk membuktikan Hipotesis didasarkan pada klasifikasi menurut spearman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa beberapa perhotelan di bandung dalam menerapkan sistem Akuntansi Pertanggungjawaban telah memadai, sehingga Penilaian Kinerja Manajer Penjualan menjadi efektif. hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 36%. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu “Peranan Sistem Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban yang memadai, maka akan menunjang Efektivitas penilaian Kinerja Manajer Penjualan. ” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7361
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.81Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.41Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.88Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.68Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.68Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.07Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.34Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.05Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 164.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 91.80Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 142.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.98Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record