ANALISIS SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENCATATAN METER AIR TERHADAP EFEKTIVITAS PENCATATAN METER AIR (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENCATATAN METER AIR TERHADAP EFEKTIVITAS PENCATATAN METER AIR (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PENCATATAN METER AIR TERHADAP EFEKTIVITAS PENCATATAN METER AIR (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)
Author: Rohayati, Resti
Abstract: Sistem Pengolahan Data Elektronik atau disebut juga Electronic Data Processing (EDP) sangat beperan dalam serangkaian kegiatan pencatatan meter air pada PDAM Kota Bandung, karena dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu mengenai pemakaian tenaga air oleh pelanggan. Data dari pencatatan meter air, berupa besarnya pemakaian air yang digunakan oleh pelanggan, yang dinyatakan dalam satuan meter kubik (m3), merupakan dasar untuk menentukan besarnya tagihan rekening air yang harus dibayar oleh pelanggan setiap bulannya. Dengan informasi yang akurat dan tepat waktu dari kegiatan pencatatan meter air ini maka penerimaan pendapatan dari kegiatan penjualan air dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan dan diharapkan pelayanan kepada pelanggan lebih berkualitas. Berdasarkan pemikiran di atas penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Analisis Sistem Pengolahan Data Elektronik Pencatatan Meter Air Terhadap Efektivitas Pencatatan Meter Air pada PDAM Kota Bandung.” Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode Deskriptif Analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, kemudian diambil simpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan, melalui observasi, wawancara kepada bagian-bagian yang terkait, serta studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder yang mendukung masalah yang diteliti penulis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis memperoleh suatu gambaran mengenai sistem pengolahan data secara elektronik pencatatan meter air yang telah dilaksanakan oleh PDAM Kota Bandung. Dalam melakukan aktivitasnya perusahaan telah menerapkan sistem pengolahan data elektronik pencatatan meter air secara memadai. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya elemen-elemen Sistem Pengolahan Data Elektronik yang meliputi: hardware, software, dan brainware, serta data dan prosedur yang telah dimiliki dan digunakan secara memadai sehingga dengan menggunakan sistem pengolahan data elektronik dalam pencatatan meter air menjadi lebih efektif. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil suatu simpulan bahwa Sistem Pengolahan Data Elektronik Pencatatan Meter Air pada PDAM Kota Bandung telah efektif. Saran yang penulis berikan adalah sebaiknya ada pemisahan tugas dan tanggung jawab antara operator komputer dengan Pengolah Data, sebaiknya petugas lapangan pencatat meter air mendapat pengetahuan yang layak mengenai berbagai permasalahan yang terjadi dilapangan sehingga apabila terjadi permasalahan tersebut maka petugas dapat langsung mengatasinya dan tidak ada pengawasan secara langsung terhadap pelaksanaan pencatatan meter air oleh petugas pencatat meter air.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7353
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 5.912Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.57Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.24Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.78Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 87.35Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.15Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 60.94Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.34Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record