PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU TERHADAP EFEKTIVITAS PENDAPATAN OPERASI ( Survei pada 5 Perusahaan Building Management )

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU TERHADAP EFEKTIVITAS PENDAPATAN OPERASI ( Survei pada 5 Perusahaan Building Management )

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU TERHADAP EFEKTIVITAS PENDAPATAN OPERASI ( Survei pada 5 Perusahaan Building Management )
Author: Casmaya, Reni Astiani
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penerapan manajemen mutu terpadu terhadap efektivitas pendapatan operasi. Dimana objek penelitian ini adalah penerapan manajemen mutu terpadu dan anggaran serta realisasi pendapatan operasi pada 5 perusahaan Building Management di Bandung yaitu PT. GRAHA SARANA DUTA, KOPERASI KARYAWAN BANK JABAR, HOTEL PANGHEGAR, PT. INTI BUMI PERKASA dan PT. GRAHA BUMIPUTERA. Penelitian ini digunakan dengan metode penelitian Asosiatif adalah penelitian yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Yang dimaksud dengan hubungan di atas adalah hubungan kausal dimana X mempengaruhi Y dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan dengan melakukan observasi, wawancara dan kuesioner. Untuk mendapatkan kesimpulan, penelitian ini menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis koefisien Rank Spearman diketahui adanya hubungan yang sangat kuat antara penerapan manajemen mutu terpadu dengan efektifitas pendapatan operasi. Besarnya koefisien korelasi adalah 0,9 hal tersebut menunjukan bahwa penerapan manajemen mutu terpadu yang telah dilaksanakan di 5 perusahaan Building management mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap efektivitas pendapatan operasi. Sedangkan dilihat dari perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa penerapan manajemen mutu terpadu mempengaruhi efektivitas pendapatan operasi sebesar 81 %, dan sisanya sebesar 19 % dipengruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dengan penerapan manajemen mutu terpadu maka pendapatan operasi di 5 perusahaan tersebut dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari laporan realisasi anggaran. Perhatian perusahaan-perusahaan tersebut terhadap mutu memberikan dampak positif terhadap efektivitas pendapatan operasi. Dampak tersebut terjadi melalui peningkatan kualitas pelayanan dan harga yang kompetitif. Dengan demikian akan meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap prusahaan-perusahaan tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7352
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.379Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.82Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.48Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.39Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.39Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.91Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 133.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record