PENGARUH BEBERAPA ATRIBUT SOFT SKILLS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi Survey pada Beberapa Universitas di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH BEBERAPA ATRIBUT SOFT SKILLS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi Survey pada Beberapa Universitas di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH BEBERAPA ATRIBUT SOFT SKILLS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi Survey pada Beberapa Universitas di Bandung)
Author: Esterlina, Freenita
Abstract: Kualitas mahasiswa saat ini tidak hanya berkaitan erat dengan bidang ilmu pengetahuan yang dimilikinya saja, yang dapat dilihat dari prestasi akademiknya. Salah satu faktor yang menjadi tolok ukur dalam kesuksesan mahasiswa di masa yang akan datang adalah kemampuannya dalam berinteraksi sosial (soft skills). Soft skills ternyata sudah dimiliki seseorang dan dapat dikembangkan dalam masa perkuliahannya (belajar). Berdasarkan latar belakang diatas, penulis melakukan penelitian terhadap beberapa perguruan tinggi yang ada di Bandung, dengan sampel adalah mahasiswa akuntansi program studi S1 dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh soft skills terhadap prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa akuntansi. Soft skills dalam penelitian ini diukur dengan beberapa indikator, yakni dengan keahlian berkomunikasi (communication skills), keahlian dalam pemecahan masalah (problem solving), keahlian dalam kepemimpinan (leadership), keahlian dalam mengambil keputusan (decision making), dan kemampuan dalam membuat konsep (ability to conceptualize). Sedangkan prestasi akademik diproksi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK). Data yang digunakan adalah data primer (diperoleh dengan menggunakan kuisioner tertutup dengan pengukuran skala Likert lima titik) dan data sekunder (IPK). Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei dan untuk mendukung metode tersebut, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah melalui riset kepustakaan, riset lapangan dengan observasi, wawancara dan pembagian kuisioner. Hasil analisis menunjukan bahwa soft skills sangat berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Soft skills yang baik sangat diperlukan sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien, sehingga secara langsung dapat mempengaruhi peningkatan prestasi akademik bagi mahasiswa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7346
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 182.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 119.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 147.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 123.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 119.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 162.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 228.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 152.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 266.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 127.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 148.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record