ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG MELAKUKAN PRAKTIK PERATAAN LABA (Suatu Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Sebagai Emiten Pada Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG MELAKUKAN PRAKTIK PERATAAN LABA (Suatu Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Sebagai Emiten Pada Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN YANG MELAKUKAN PRAKTIK PERATAAN LABA (Suatu Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Sebagai Emiten Pada Bursa Efek Indonesia)
Author: Endriawan
Abstract: Praktik perataan laba telah dikenal sebagai praktik yang logis dan rasional. Perataan laba bertujuan untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan perusahaan, suatu hal yang tidak disenangi oleh investor karena fluktuasi yang besar berarti bertambahnya tingkat resiko pada investasi mereka. Tindakan perataan laba tidak melanggar hukum selama tidak melanggar prinsip akuntansi yang berlaku umum. Praktik perataan laba ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi nilai saham serta penilaian kinerja manajer. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia periode 2003 sampai dengan 2007. Data diperoleh dari situs www.idx.co.id dan Indonesian Capital Market Directory. Metode pendeteksian praktik perataan laba menggunakan indeks Eckel. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji beda rata-rata dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perusahaan perbankan profitabilitas tinggi dengan perusahaan perbankan profitabilitas rendah yang melakukan praktik perataan laba. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian T Test I dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai thitung sebesar 3,151 dengan ttabel sebesar 2,776 dimana thitung > ttabel. Berarti profitabilitas perusahaan perata laba bervariasi, ada yang rendah dan juga ada yang tinggi. Hendaknya perusahaan dapat menyajikan informasi laporan keuangan secara objektif, dapat diandalkan, dan jujur. Sehingga perataan laba yang dilakukan dapat lebih diarahkan untuk kepentingan yang lebih baik dan bukan untuk manipulasi laba. Investor diharapkan mampu menganalisa bagaimana laba dihasilkan dan bukan hanya mengandalkan informasi laba dari laporan keuangan. Untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan sampel yang lebih banyak dan dalam rentang waktu yang lebih panjang, selain itu masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi praktik perataan laba. Penggunaan indeks lain selain indeks Eckel juga disarankan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7345
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.96Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 70.00Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 160.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 97.56Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 66.46Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.61Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record