PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE ( Survei pada PT Semen Padang )

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE ( Survei pada PT Semen Padang )

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE ( Survei pada PT Semen Padang )
Author: Janeva, Fifian Fitra
Abstract: Topik mengenai corporate social responsibility (CSR) semakin banyak di bahas di dunia maupun Indonesia, baik di media, seminar ataupun konferensi. Perkembangan CSR juga terkait dengan semakin parahnya kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia maupun dunia. Sejalan dengan perkembangan tersebut, Undang-Undang No. 40 2007 tentang Perseroan Terbatas mewajibkan perseroan yang bidang usahanya di bidang atau terkait dengan bidang sumber daya alam untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Undang-Undang tersebut juga mewajibkan semua perseroan untuk melaporkan pelaksanaan tanggung jawab tersebut di Laporan Tahunan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba membahas fenomena mengenai “Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Implementasi Good Corporate Governance”. Objek penelitian ini adalah PT Semen Padang yang beralamat di Indarung Padang Sumatera Barat. Sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa besar hubungan ataupun pengaruh dari penerapan corporate social responsibility terhadap implementasi good corporate governance. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada responden (n=10). Selanjutnya data diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala Linkert dan melalui pengujian validitas dan reliabilitas data sehingga data siap diolah. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Pearson Product Moment dan Spearman untuk menguji keeratannya dengan tingkat signifikansi 95 %. Pengujian dengan analisis regresi ini ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penerapan CSR (variabel independen) terhadap implementasi GCG (variabel dependen). Hasil analisis regresi ini menunjukkan nilai b atau koefisien regresi adalah 0,63 dan bertanda positif yang berarti bahwa hubungan antara variabel independen dan variabel dependen bersifat searah. Artinya setiap perubahan/ kenaikan pada nilai variabel independen maka akan berbanding lurus dengan perubahan/ kenaikan pada nilai variabel dependen. Pengujian dengan analisis korelasi ditujukan untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Hasil analisis korelasi didapat persamaan Y = 18,71 + 0,63X. Sementara itu besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat ditujukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 36%. Dalam pengujian hipotesis penulis menggunakan statistik uji “t”. Bila thitung < ttabel maka keputusan statistiknya Ho diterima atau Ha ditolak. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukkan thitung sebesar 2,12 dan ttabel sebesar 1,8595. Artinya bahwa penerapan CSR berpengaruh terhadap implementasi GCG. Dengan demikian nilai thitung ≥ ttabel sehingga keputusan statistiknya adalah Ha diterima atau Ho ditolak. Maka hipotesis “Penerapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap implementasi good corporate governance” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7341
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 126.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 148.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 299.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 221.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 246.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 147.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record