PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR MINUM BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR MINUM BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR MINUM BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) (Studi kasus pada PDAM Kota Bandung)
Author: Utami R, Diah
Abstract: Salah satu informasi akuntansi yang penting dalam rangka meningkatkan efektivitas pemasangan sambungan air minum adalah sistem informasi akuntansi pemasangan sambungan air minum berbasis Electronic Data Processing (EDP). Pemasangan sambungan air minum adalah salah satu aktivitas penjualan jasa yang bergerak dalam bidang pendistribusian air bersih. Cara pendistribusian PDAM Kota Bandung ini adalah melalui saluran pipa tetap yang menyalurkan air bersih ke lokasi-lokasi rumah tangga, perusahaan dan instansi pemerintah yang layak dikonsumsi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini mencakup aspek sosial, kesehatan, dan pelayanan umum serta memperoleh pendapatan yang wajar agar perusahaan mampu mengembangkan diri sesuai dengan tujuannya. Dalam menyusun skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan dan membahas keadaan perusahaan berdasarkan fakta yang ada disertai suatu analisis sehingga memberikan suatu gambaran yang cukup jelas. Secara teoritis penulis mencoba untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, kemudian membandingkannya dengan teori yang ada kemudian diambil simpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan melalui observasi, wawancara, dan mengajukan kuesioner kepada bagian-bagian terkait, serta studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder yang mendukung masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis memperoleh suatu gambaran mengenai sistem informasi akuntansi dan pemasangan sambungan air minum berbasis electronic data processing (EDP) yang telah dilaksanakan PDAM Kota Bandung. Dalam melakukan aktivitasnya PDAM Kota Bandung sudah menerapkan sistem informasi akuntansi yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya unsur-unsur sistem informasi akuntansi yang memadai, meliputi: sumber daya manusia, formulir, alat-alat, catatan, prosedur, laporan.. Selain itu PDAM Kota Bandung telah melaksanakan pemasangan sambungan air minum berbasis electronic data processing (EDP) yang efektif. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa terdapat peranan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pemasangan sambungan air minum berbasis electronic data processing (EDP).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7339
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 80.67Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 81.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 94.77Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 91.41Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 49.14Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 48.40Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 72.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 164.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 212.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 131.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 249.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 127.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 94.70Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record