PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, VOLATILITAS ARUS KAS, DAN VOLATILITAS PENJUALAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan-perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Widyatama Repository

PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, VOLATILITAS ARUS KAS, DAN VOLATILITAS PENJUALAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan-perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Show full item record

Title: PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, VOLATILITAS ARUS KAS, DAN VOLATILITAS PENJUALAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan-perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)
Author: Hidayat, Nia Marselina
Abstract: Laba menjadi pusat perhatian bagi para pengguna laporan keuangan, khususnya bagi mereka yang mengharapkan laba yang tinggi. Namun, seringkali laba perusahaan dipertanyakan kualitasnya, karena tidak jarang, manajer perusahaan akan melakukan hal yang membuat laba perusahaannya terlihat baik agar mendapatkan respons positif dari para pengguna laporan keuangan. Respons positif dari para pengguna laporan keuangan tentunya akan meningkatkan laba perusahaan karena para investor akan tertarik dan menanamkan sahamnya, dan kualitas laba akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, volatilitas arus kas, dan volatilitas penjualan terhadap kualitas laba pada perusahaan property dan real estate yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2014. Informasi laba yang dimiliki oleh perusahaan akan bermanfaat bagi para pengguna laporan keuangan. Informasi ini juga diharapkan menjadi pedoman untuk pemegang saham dan investor potensial untuk menentukan kepentingan investasi mereka terhadap saham emiten. Laba yang berkualitas adalah laba yang disajikan sesuai dengan yang sebenarnya dan dapat mencerminkan kelanjutan laba (Sustainable earnings) di masa depan, yang diitentukan oleh akrual dan aliran kasnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah; 1) Ha1 = Investment opportunity set mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas laba; 2) Ha2 = Volatilitas arus kas mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas laba; 3) Ha3 = Volatilitas penjualan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 perusahaan property dan real estate. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Agar memperoleh hasil pengujian yang tidak bias, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik, selanjutnya dilakukan uji kecocokan model. Program yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan program Eviews 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pada tingkat keyakinan 95 persen, investment opportunity set dan volatilitas penjualan memiliki pengaruh positif signifikan pada kualitas laba. Sedangkan volatilitas arus kas memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7332
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 43.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 475.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 182.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 198.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 185.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 98.42Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.45Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 165.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 347.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 313.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 503.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record