ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BEI PERIODE 2011-2013

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BEI PERIODE 2011-2013

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BEI PERIODE 2011-2013
Author: Kusumah, Nina Permatasari
Abstract: Perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak akan terlepas dari kegiatan ekspansi dalam rangka menaikkan pertumbuhan perusahaan dan menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut perusahaan menjual saham ke publik untuk pertama kalinya atau yang disebut dengan initial public offering (IPO). Pada saat pelaksanaan IPO terdapat kecenderungan terjadinya underpricing. Dari 20 perusahaan yang melakukan IPO pada periode 2011-2013, sebanyak 35% perusahaan mengalami underpricing (e-bursa.com). Berdasarkan penelitian sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing terdapat hasil yang tidak seragam antara lain variabel reputasi underwriter, return on equity, return on assets, dan ukuran perusahaan. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh reputasi underwriter, return on equity, return on assets, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif (Nazir, 2013). Populasi penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang mengalami underpricing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2013 , yaitu sebanyak 79 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga terdapat 13 unit analisis yang diteliti. Pengujian analisis dilakukan dengan menggunakan uji regresi secara simultan dan parsial. Hasilnya adalah terdapat pengaruh secara simultan antara reputasi underwriter, return on equity, return on assets, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing karena Fhitung > Ftabel dan nilai sig < 􀟙. Sedangkan pengaruh secara parsial hanya variabel reputasi underwriter yang mempengaruhi underpricing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7329
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 79.36Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 315.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 188.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 159.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 170.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 149.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 144.6Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 142.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 147.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 294.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 443.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 472.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.132Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 200.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 171.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record