PERANAN INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta-Sudirman)

Widyatama Repository

PERANAN INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta-Sudirman)

Show full item record

Title: PERANAN INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENILAIAN KINERJA PUSAT PENDAPATAN (Studi Kasus Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta-Sudirman)
Author: Nadina, Gina
Abstract: Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu informasi aktiva, pendapatan dan/atau biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungawaban tertentu. Informasi akuntansi pertanggungjawaban digunakan sebagai dasar proses perencanaan finansial dan pengendalian aktivitas organisasi perusahaan untuk membandingkan antara realisasi dan perencanaannya. Pusat pendapatan adalah pusat pertanggungjawaban yang manajernya bertanggungjawab untuk mengendalikan pendapatan perusahaan. Manajer pusat pendapatan menyusun sebuah anggaran pendapatan untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja pusat pendapatan dapat dinilai, maka perlu diterapkannya informasi akuntansi pertanggungjawaban untuk mengevaluasi kinerja pusat pendapatan sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan survey. Dimana variabel independen dalam penelitian ini adalah Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban (X) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner ke BPJS Ketenagakerjaan cabang Jakarta-Sudirman yang dijadikan objek penelitian serta menggunakan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan informasi akuntansi pertanggungjawaban terhadap penilaian kinerja pusat pendapatan pada BPJS Ketenagakerjaan cabang Jakarta-Sudirman. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban berperan sebesar 50,9% terhadap penilaian kinerja pusat pendapatan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7328
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 46.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 154.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 141.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 204.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 84.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 274.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.063Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 502.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 193.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record