PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DERAH (Studi Kasus Pada Dinas pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DERAH (Studi Kasus Pada Dinas pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN DERAH (Studi Kasus Pada Dinas pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Sari, Deti Mawar
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana bagaimana penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah, serta seberapa besar pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sistem akuntansi keuangan daerah sebagai variabel independen. Sedangkan akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berada di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung yang berjumlah 50 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang berada di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung yang berjumlah 50 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.20.00. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sistem akuntansi keuangan daerah dan akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah Pemerintah Kota Bandung pada Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Keuangan (DPKAD) Kota Bandung termasuk ke dalam kategori cukup baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah. Untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang relevan, handal, dan dapat dipercaya, pemerintah daerah harus memiliki sistem akuntansi yang handal. Semakin tinggi penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, maka semakin tinggi akunatbilitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan besarnya pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah dalam memberikan kontribuasi pengaruh terhadap akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar (92,7%).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7325
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 417.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.29Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 304.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 328.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.49Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.85Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 324.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 430.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 638.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 395.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 110.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record