PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SUNSET POLICY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survey pada KPP Pratama Garut)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SUNSET POLICY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survey pada KPP Pratama Garut)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SUNSET POLICY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Survey pada KPP Pratama Garut)
Author: Amanda, Cindy Laura Shannen
Abstract: Fenomena pajak sebagai tulang punggung penerimaan negara merupakan fenomena yang selalu menarik. Di satu sisi negara membutuhkan pajak sebagai sumber penerimaan terbesar, di sisi lain dibutuhkan kesukarelaan yang tinggi dari wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Namun hanya sedikit rakyat di tiap-tiap negara yang rela dan tanpa menggerutu melaksanakan kewajiban perpajakannya. Bahkan lebih banyak wajib pajak yang berusaha meloloskan diri dari pajak baik dengan cara memanipulasi maupun meminimalisasi jumlah pajak yang harus di bayar. Permasalahan kesukarelaan membayar pajak terjadi di negara-negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan rasio penerimaan pajak Indonesia (tax ratio) yang masih rendah hanya sekitar 13% dibandingkan dengan negara Singapura dan Malaysia yang telah mencapai angka di atas 20%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengetahuan Perpajakan dan Sunset Policy terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif verifikatif. Metode ini digunakan untuk menguji lebih dalam mengenai pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Sunset Policy terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang wajib pajak, pengambilan sampel dengan convenience sampling. Pada penelitian ini digunakan kuesioner sebagai cara untuk pengumpulan data penelitian dan analisis data menggunakan regresi berganda Berdasarkan hasil pengujian statistik diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Pengetahuan Perpajakan dan Sunset Policy terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Secara simultan variabel kepatuhan ditentukan oleh variabel pengetahuan dan sunset policy sebesar 23,1% sisanya ditentukan oleh faktor lain. Variabel yang paling besar mempengaruhi kepatuhan adalah variabel pengetahuan sebesar 13,63% dan variabel sunset policy yang paling kecil mempengaruhi variabel kepatuhan yaitu sebesar 9,48% Disarankan dalam penelitian untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak maka pemerintah harus memberikan informasi dan pemahamanan betapa pentingnya membayar pajak. Juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa hasil dari pembayaran pajak digunakan untuk kepentingan masyarakat juga seperti membangun infrakstuktur dan fasilitas untuk masyarakat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7323
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 51.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 811.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 155.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 179.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 243.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 392.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 454.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 114.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record