PERANAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Persero di Cikampek)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Persero di Cikampek)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang Persero di Cikampek)
Author: Yulianty
Abstract: Pemasaran memegang peranan penting dalam suatu perusahaan, karena pemasaran merupakan suatu kegiatan yang cukup menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Meskipun produk yang ditawarkan dari kegiatan perusahaan mempunyai mutu dan kualitas yang baik, tetapi jika tidak didukung oleh kegiatan pemasaran yang baik maka secara tidak langsung berdampak kepada produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut tidak akan dapat dipasarkan kepada konsumen dengan efektif. Dengan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan, terutama antar perusahaan yang sejenis, maka kegiatan pemasaran akan semakin meningkat pula, dan sebagai akibatnya adalah kegiatan pemasaran akan semakin besar. Peningkatan biaya pemasaran pada akhirnya akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan dan laba yang diperoleh oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu pengendalian terhadap biaya pemasaran. Sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu sistem akuntansi yang dapat dipakai sebagai dasar dalam melaksanakan pengendalian efektivitas biaya pemasaran. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT. Pupuk Kujang yaitu suatu perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan pupuk yang berlokasi di jalan Ahmad Yani No. 39 Cikampek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui kememadaian penerapan efektivitas pengendalian sistem akuntansi pertanggungjawaban di PT. Pupuk Kujang, (2) Mengetahui efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PT. Pupuk Kujang, (3) Mengetahui peranan sistem akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PT. Pupuk Kujang. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, yang meneliti kenyataan yang ada di perusahaan kemudian membandingkannya dengan teori yang ada. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan penelitian langsung ke perusahaan guna melakukan wawancara dan mengajukan kuesioner dalam rangka memperoleh data primer. Penulis juga melakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis penyusunan skripsi ini dengan cara membaca serta mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada PT. Pupuk Kujang di Cikampek, penulis memiliki kesimpulan bahwa : (1) PT. Pupuk Kujang telah menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawaban secara efektif, (2) penerapan pengendalian biaya pemasaran di PT. Pupuk Kujang sudah efektif, dan (3) penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban di PT. Pupuk Kujang sudah sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya pemasaran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7278
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.43Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.70Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 43.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.98Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.59Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.90Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.35Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 145.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.26Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 99.06Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.47Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record