EVALUASI PENGGUNAAN METODE BALANCED SCORECARD TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)

Widyatama Repository

EVALUASI PENGGUNAAN METODE BALANCED SCORECARD TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)

Show full item record

Title: EVALUASI PENGGUNAAN METODE BALANCED SCORECARD TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandung)
Author: Handayani, Tri Wuri
Abstract: Perkembangan dunia menuju era globalisasi memungkinkan kegiatan perekonomian berkembang dengan pesatnya yang membuat persaingan antara perusahaan-perusahaan yang sejenis maupun yang tidak sejenis bersaing secara ketat. Sehingga menuntut perusahaan untuk memikirkan metode yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki perusahaan secara optimal dan membantu perusahaan menjadi perusahaan yang unggul. Selama ini banyak perusahaan yang dalam menilai kinerjanya seringkali terpaku pada hasil kinerja keuangan saja, tanpa melihat faktor-faktor lain yang secara tidak langsung menimbulkan keberhasilan secara finansial tersebut. Pengukuran kinerja secara finansial saja tidak cukup untuk memprediksi kelangsungan hidup perusahaan masa yang akan datang. Salah satu pengukuran kinerja yang komprehensif yaitu balanced scorecard, dimana metode ini tidak hanya mengukur kinerja dari segi keuangan saja tetapi dari beberapa aspek non keuangan seperti aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, aspek pertumbuhan dan pembelajaran. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan balanced scorecard terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk yang telah menerapkan balanced scorecard dalam pengukuran kinerja perusahaannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil dari evaluasi perhitungan kuesioner bahwa kinerja perusahaan setelah penggunaan balanced scorecard sebesar 79,83% yang berada di antara range 61%-80% dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan balanced sorecard terhadap peningkatan kinerja perusahaan efektif dan juga dari hasil perhitungan kuesioner mengenai perusahaan menerapkan balanced scorecard terdapat 79,84% yang mengartikan bahwa penggunaan balanced scorecard pada perusahaan efektif, serta dari hasil perhitungan kuesioner akhir mengenai manfaat penggunaan balanced scorecard pada perusahaan dinyatakan 79,77% yang berarti bahwa manfaat penggunaan balanced scorecard pada perusahaan yaitu bermanfaat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7275
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.09Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.76Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.43Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 38.95Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.52Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 71.41Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 188.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 94.48Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 226.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.82Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record