PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Duta Niaga Multi Sejahtera)

Widyatama Repository

PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Duta Niaga Multi Sejahtera)

Show full item record

Title: PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Duta Niaga Multi Sejahtera)
Author: Marhalin, Sugandi
Abstract: Dalam menghadapi perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan kompetitif, perusahaan dituntut untuk berusaha sebaik-baiknya agar seluruh kegiatan perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik. Upaya yang tepat dalam hal ini adalah dengan menyusun satu cara perencanaan pemasaran dan pengendalian dalam meningkatkan penjualan. Salah satu alat penunjang pemasaran suatu produk adalah promosi. Promosi merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pemasaran produk, karena promosi merupakan kegiatan perusahaan dalam usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan hasil penjualan Buchari Alma (2007,181). Anggaran menurut M. Nafarin (2004,12) adalah suatu rancangan keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Pengertian promosi menurut Buchari Alma (2007,179) adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa. Adapun pengertian pengendalian menurut Welsch, Hiltong, Gordon (2000,3) adalah suatu proses untuk menjamin terciptanya kinerja yang efisien yang memungkinkan tercapainya tujuan perusahaan. Sedangkan Menurut Husein Umar (2005,13) penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan. Objek dalam penelitian ini adalah penyusunan anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian manajemen dan volume penjualan di perusahaan Duta Niaga Multi Sejahtera. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan mengunakan skala likert, yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan melalui uji koefisien korelasi Pearson Product Moment diketahui bahwa penyusunan anggaran biaya promosi berpengaruh signifikan sebagai alat pengendalian manajemen dalam meningkatkan volume penjualan sebesar 0,763. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan tingkat signifikan 5% dengan hasil menunjukkan penolakan Ho dan penerimaan Ha, karena t hitung (4,719) lebih besar dari t table (2,120). Berdasarkan hasil di atas, penulis memberikan saran bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan di perusahaan Duta Niaga Multi Sejahtera, sebaiknya perusahaan selalu mengadakan evaluasi atas hasil yang dicapai dan membandingkan dengan anggaran yang telah dibuat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7272
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.26Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.58Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.72Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.40Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 28.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 28.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.34Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 95.74Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 157.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 153.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.66Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record