PERANAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Sumber Sari Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Sumber Sari Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (KECURANGAN) (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Sumber Sari Bandung)
Author: Hartono, Ryanto
Abstract: Auditor internal perlu melakukan pemeriksaan, penilaian, dan mencari fakta atau bukti guna memberikan rekomendasi kepada pihak manajeman untuk ditindak lanjuti. Salah satu temuan auditor internal di antaranya adalah penemuan kecurangan. Seperti kasus kecurangan yang ditindak lanjuti auditor internal di PT. Bank Jabar Banten dengan Tindak Pidana Pencucian Uang yang merupakan adanya keterlibatan oknum pegawai bahwa aliran dana fee sebesar Rp 148,2 miliar dari Bank Jabar Banten kepada pejabat-pejabat pemerintah di Jawa Barat. Kecurangan tersebut dapat terjadi antara lain disebabkan karena adanya tekanan, kesempatan untuk melakukan kecurangan, kelemahan sistem dari prosedur serta adanya pembenaran terhadap tindakan kecurangan tersebut. (Pikiran Rakyat online, Kamis 11 Maret 2012) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan auditor internal terhadap pencegahan fraud (kecurangan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survei. Variabel independen dalam penelitian ini adalah auditor internal, sedangkan variabel dependen adalah pencegahan fraud (kecurangan). Data yang digunakan dalam penelitian berasal dari data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner dan kemudian menggunakan skala likert untuk memperoleh bobot jawaban responden yang disebarkan ke PT. Bank Jabar Banten Cabang Sumber Sari Bandung yang dijadikan sebagai objek penelitian. Pengujian Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rank spearman. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang kepala responden yang bekerja di PT. Bank Jabar Banten Cabang Sumber Sari Bandung. Auditor internal berperan dalam pencegahan fraud (kecurangan). Hasil perhitungan koefisien determinasi bahwa variabel independen mampu menerangkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 81,5% artinya bahwa auditor internal memberikan peranan terhadap pencegahan fraud (kecurangan) sebesar 81,5%, sedangkan sisanya sebesar 19,5% merupakan variabel lain yang tidak diteliti. Kecurangan dapat diminimalisir oleh auditor internal dengan cara melakukan aktivitas penilaian dan pengawasan terhadap kebenaran data dan informasi juga kesesuaian dengan kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7266
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.519Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 114.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.66Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.30Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.55Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 122.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 124.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 169.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.68Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 39.17Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record