PERANAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPENGARUHI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi kasus pada PT. PINDAD (PERSERO))

Widyatama Repository

PERANAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPENGARUHI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi kasus pada PT. PINDAD (PERSERO))

Show full item record

Title: PERANAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPENGARUHI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi kasus pada PT. PINDAD (PERSERO))
Author: Kristiawan, Ricky Mulyana
Abstract: Sistem informasi akuntansi tidak bisa menjamin sebagai suatu sistem yang bebas dari kesalahan-kesalahan atau penyelewengan-penyelewengan, namun apabila dilengkapi dengan suatu pengendalian yang efektif yang berguna untuk mencegah atau menjaga dari hal yang negatif tersebut, maka sistem informasi akuntansi tersebut akan dapat berjalan dengan baik dan perusahaan dapat mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan efektivitas pengendalian internal dalam mempengaruhi kualitas sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku pada PT. PINDAD (PERSERO). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan survei. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan Non Probability Sampling, dengan jumlah penelitian sampel sebanyak 30 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pengendalian internal mempunyai peranan yang signifikan dalam mempengaruhi kualitas sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku. Suatu sistem informasi akuntansi dapat berjalan dengan baik apabila memiliki pengendalian yang efektif yang dapat melindungi dan menjaga pelaksanaan sistem informasi akuntansi. Untuk meningkatkan kualitas sistem informasi akuntansi persediaan bahan baku maka disarankan untuk lebih meningkatkan efektivitas pengendalian internal berbasis komputer yang digunakan di dalam perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7263
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 245.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 726.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 221.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 267.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 120.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 233.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 534.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 506.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 890.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record