PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, SANKSI PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI dan BANGUNAN ( Studi Kasus di Desa Wangunharja Kecamatan Lembang )
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam upaya mengoptimalkan pemenerimaan pajak pada Desa Wangunharja dengan cara meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan banguan. Karena dengan patuhnya wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan dapat meningkatkan penerimaan pajak bumi dan bangunan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan, pada Desa Wangunharja Kecamatan Lembang. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat Deskritif analisis Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di Desa Wangunharja. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara Proportional sampling method, dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuha wajib pajak. Saran dalam penelitian ini adalah diperlukan adanya kualitas pelayanan pajak yang baik, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak yang tinggi sehingga dengan begitu aka meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Petugas pajak harus lebih aktif dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak dalam memenuhi kewajiban membayar PBB nya. Untuk peneliti selanjutnya peneliti dapat menggunakan variabel penelitian diluar model yang diteliti dalam penelitian ini.
Description
Keywords
Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Quality Tax Service, Tax Penalties, Consciousness Taxpayer, Taxpayer Compliance