PENGARUH EFEKTIVITAS PENAGIHAN PBB TERHADAP PENERIMAAN PBB (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PENAGIHAN PBB TERHADAP PENERIMAAN PBB (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS PENAGIHAN PBB TERHADAP PENERIMAAN PBB (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)
Author: Siahaan, Krisna Rohani Roselina
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengaetahui pengaruh efektivitas penagihan PBB terhadap penerimaan PBB di Kabupaten Bandung Barat. metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode statistik linear sederhana, yaitu suatu metode untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penagihan PBB pada dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan aset daerah kabupaten bandung barat Dalam penelitian ini objek yang digunakan adalah Efektivitas Penagihan PBB di Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode Deskriptif Verifikatif dan penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat. Data yang digunakan Dalam penelitian ini berupa data primer yang berupa data penagihan PBB dan target serta realisasi penerimaan PBB dan data sekunder berupa data pendukung yang menjadi referensi berupa laporan-laporan, data objek wajib pajak pengujian statistik menggunakan analisis regresi sederhana dan variabel-variabel diuji dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penagihan pajak berpengaruh terhadap penerimaan PBB sebesar 82,5%. Perlunya peningkatan sosialisasi dari petugas secara kontinyu kepada wajib pajak mengenai objek pajak PBB yang dikenakan. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak sehingga sosialisasi yang diberikan dapat dipahami dengan baik. Kabupaten Bandung Barat dapat meningkatkan Ekstensifikasi pajak dengan membuka dan memperluas obyek yang dapat dijadikan penerimaan oleh pemerintah daerah, hal ini karena Kabupaten Bandung Barat memiliki pariwisata yang belum dimanfaatkan dengan baik.Wajib pajak perlu menyadari akan kewajibannya dalam membayar pajak dengan memahami atas pajak yang dibayarkan untuk keperluan pembangunan masyarakat dan Negara. Sebab selama ini pengetahuan akan alokasi pajak yang dibayarkan dianggap tidak tepat sasaran sehingga perlunya sosialisasi dengan lebih baik lagi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7243
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 114.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 972.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 192.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 122.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 329.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 460.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 391.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 397.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.25Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 187.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record