PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus di DPKAD Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus di DPKAD Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus di DPKAD Kota Bandung)
Author: Nisa, Citra Khiyarotun
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemahaman standar akuntansi pemerintahan dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di DPKAD Kota Bandung. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kompetensi sumber daya manusia, pemahaman standar akuntansi pemerintahan, dan sistem akuntansi keuangan daerah sebagai variabel independen. Sedangkan kualitas laporan keuangan daerah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di bagian keuangan di DPKAD Kota Bandung yang berjumlah 31 responden. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pengaruh kompetensi sumber daya manusia berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 29,7%, pengaruh pemahaman standar akuntansi pemerintahan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 31,1%, dan pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 22,8%. Sedangkan secara simultan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemahaman standar akuntansi pemerintahan, dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 83,6%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7228
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.53Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 827.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.99Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 160.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 197.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 391.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 515.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 575.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 237.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record