PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi survey pada 17 Dinas Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi survey pada 17 Dinas Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi survey pada 17 Dinas Kota Bandung)
Author: Taufan, Muhamad Iqbal
Abstract: Predikat laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandung hingga tahun 2014 adalah Wajar Dengan Pengecualian. Ini berarti pemerintah Kota Bandung masih harus meningkatkan lagi kualitas laporan keuangannya. Dari sekian banyak faktor yang mungkin mempengaruhi kualitas laporan keuangan, diduga faktor transparansi dan akuntabilitas berpengaruh signifikan. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian pengaruh transparansi dan akuntabilitas, baik secara parsial maupun simultan, terhadap kualitas laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Sampel dari penelitian ini merujuk pada pegawai bagian keuangan yang ada di 17 Dinas di kota Bandung yang berjumlah 66 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 22.7%. Sementara itu, secara parsial variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 32.3%. Selanjutnya secara simultan transparansi dan akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah sebesar 55%, sedangkan sisanya sebesar 45% menunjukkan pengaruh faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini. Transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Kota Bandung telah berjalan baik, namun masih perlu ditingkatkan. Untuk itu diharapkan sosialiasi informasi atau program Pemerintah Kota Bandung dilakukan lebih intens, serta skala prioritas anggaran ditetapkan melalui keterpaduan rencana kegiatan dengan kapasitas sumber daya yang dimiliki.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7216
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 123.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 716.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 300.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 144.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 123.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 123.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 212.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 292.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1022.Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 427.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 140.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 219.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record