PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Fauzi, Hananto Dwi
Abstract: Otonomi Daerah menuntut pemerintah daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah memberikan informasi keuangan berkulitas melalui Laporan Keuangan. Hasil audit BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bandung masih belum menghasilkan peningkatan opini audit dan menjadi hal yang perlu ditindak lanjuti oleh semua pihak yang terlibat. Faktor yang sangat berpotensi dalam mempengaruhi baik buruknya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah adalah Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah. Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, kualitas laporan pemerintah pusat dan daerah harus memenuhi karakteristik kualitatif, yaitu: relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan pengelolaan keuangan daerah terhadap kualitas informasi laporan keuangan daerah kota Bandung. Penelitian dilakukan pada Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung dengan seluruh pegawai DPKAD sebagai sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai yang ada di bidang akuntansi sejumlah 30 orang dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah berpengaruh terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7211
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 162.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 184.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.59Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 77.46Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 81.85Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 151.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record