PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi empiris pada Badan Layanan Umum Terintegritas di Kota Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi empiris pada Badan Layanan Umum Terintegritas di Kota Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi empiris pada Badan Layanan Umum Terintegritas di Kota Jakarta)
Author: Natalia, Christie
Abstract: Otonomi daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU 32/2004). Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pasal 68 dan 69 menyatakan bahwa Instansi pemerintahan yang tugas pokok dan fungsinya memberi pelayanan kepada masyarakat dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang menonjolkan produktivitas, efisien dan efektivitas Hal ini membuka koridor bagi penerapan basis kinerja di lingkungan pemerintah. Namun dalam Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta terdapat kelemahan laporan keuangan yang dihasilkan, yang dikhawatirkan kelemahan tersebut berdampak pada kerugian Negara. Pengendalian Internal dalam instansi berperan penting pada kualitas laporan keuangan, pada umumnya pengendalian internal mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengarahkan operasi instansi dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengendalian internal sebagai variabel independen sedangkan kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf akuntansi pelaporan keuangan pada Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 pegawai. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 staf akuntansi pelaporan keuangan Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Badan Layanan Umum.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7200
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.01Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 109.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 58.60Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 185.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 167.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 59.68Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 149.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 243.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record