PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014
Author: Rahim, Adni Agista
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal terhadap tingkat penjualan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh 46 perusahaan yang memenuhi kriteria dan layak untuk dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan sampel pada tahun 2014. Model analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t statistik untuk pengujian secara parsial, serta uji F statistik untuk pengujian secara simultan dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial, biaya pencegahan dan biaya penilaian berpengaruh positif secara signifikan terhadap tingkat penjualan, biaya kegagalan internal berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap tingkat penjualan, sedangkan biaya kegagalan eksternal tidak berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Secara simultan menunjukkan bahwa biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal berpengaruh positif secara signifikan terhadap tingkat penjualan. Saran yang diajukan penulis yaitu, perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan lagi program pengendalian kualitas di tahun-tahun selanjutnya, membuat laporan biaya kualitas yang lebih spesifik yang merupakan bagian dari aktivitas pengendalian kualitas, dan melakukan pengeluaran biaya peningkatan kualitas yang lebih efektif sehingga penjualan akan meningkat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah periode penelitian dan memasukkan faktor-faktor lain selain biaya kualitas yang mempengaruhi penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7196
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 45.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 152.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 217.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 99.31Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 161.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 309.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 242.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 366.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 118.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record