PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun 2015)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun 2015)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun 2015)
Author: Lugiyan
Abstract: Kualitas laporan keuangan pemerintah daerah mencerminkan tertib pengelolaan keuangan pemerintah daerah, yang mencakup tertib administrasi dan taat asas. Indikator bahwa laporan keuangan pemerintah daerah sudah berkualitas yaitu opini Wajar Tanpa Pengecualian yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang baik karena belum mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).Hal ini merupakan bukti dari kurang baiknya sistem pengendalian internal pemerintah sehingga dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian berjudul Peranan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah Kota Tasikmalaya). Tujuan penelitian untuk mengetahui kememadaian Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, untuk mengetahui Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan untuk mengetahui peranan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analisis dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Kota Tasikmalaya berdasarkan hasil jawaban responden memadai yaitu senilai 72.86%, setiap unsur pengendalian baik penciptaan lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan telah dilaksanakan sebaik mungkin sesuai dengan petunjuk, serta mengacu pada prinsip-prinsip sistem pengendalian internal. Kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tasikmalaya berdasarkan total nilai presentase jawaban dari responden senilai 71.72% yang masuk kedalam kategori memadai, hal ini membuktikan bahwa kualtitas laporan keuangaan BPKBD kota Tasikmalaya memenuhi kriteria relevan, andal, dapat di bandingakan dan dapat di pahami. Peranan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya sudah memadai senilai 73.53%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7192
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.43Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 115.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.26Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.56Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 55.72Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.64Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 68.26Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 112.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record