PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Penelitian Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Penelitian Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Penelitian Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)
Author: Natapermana, Ichwan Lazuardi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan good governance pada pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan good governance pada pelayanan pajak terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah penerapan good governance pada pelayanan pajak sebagai variabel independen, sedangkan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying yang berjumlah 106.947 Wajib Pajak. Teknik Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Untuk menghitung besaran sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 100 Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam analisis data yaitu Statistical Package for Social Sciences (SPSS) ver.20.00. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan good governance pada pelayanan pajak tergolong baik dan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi tergolong baik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan good governance pada pelayanan pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Semakin tinggi pelaksanaan good governance pada pelayanan pajak, maka semakin tinggi pula tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Di sisi lain, penerapan good governance pada pelayanan pajak memberikan pengaruh sebesar 87,8% terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7190
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 142.7Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 142.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 133.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 93.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 82.09Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 68.77Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 71.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 147.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 244.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 255.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 567.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 88.06Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 121.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record