PENGARUH NILAI ETIKA ORGANISASI DAN KOMITMEN PROFESSIONAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus Pada 5 BUMN di Wilayah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH NILAI ETIKA ORGANISASI DAN KOMITMEN PROFESSIONAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus Pada 5 BUMN di Wilayah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH NILAI ETIKA ORGANISASI DAN KOMITMEN PROFESSIONAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus Pada 5 BUMN di Wilayah Kota Bandung)
Author: Faizal, Fadhilah Azrani
Abstract: Pengambilan keputusan yang etis merupakan suatu hal yang sangat krusial bagi seorang auditor internal karena disatu sisi mereka adalah pekerja yang merupakan bagian dari sebuah perusahaan, namun disisi lain mereka memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan juga profesinya. Oleh karena itu seorang auditor internal kerap kali dihadapkan pada situasi dilemma etika pada saat pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai etika organisasi dan komitmen professional terhadap pengambilan keputusan etis auditor internal. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah etika organisasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis internal auditor dan komitmen professional berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis internal auditor. Sampel yang digunakan adalah internal auditor yang bekerja pada lima perusahaan BUMN di Kota Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 104 internal auditor yang bekerja pada lima perusahaan BUMN di Kota Bandung. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengambilan keputusan etis, sedangkan variabel independennya adalah nilai etika organisasi dan komitmen professional. Metode pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif explanatory dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika organisasi dan komitmen professional berpengaruh secara positif terhadap pengambilan keputusan etis internal auditor. Sedangkan koefisien Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel komitmen professional dan nilai etika organisasi memberikan sumbangan terhadap variabel pengambilan keputusan etis sebesar 90,1%, sedangkan sisanya sebesar 8,9% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7185
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 97.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 109.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 223.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.42Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 151.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 37.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 251.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 302.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 452.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 943.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 256.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record