ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK TELEVISI BERLANGGANAN DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Widyatama Repository

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK TELEVISI BERLANGGANAN DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Show full item record

Title: ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK TELEVISI BERLANGGANAN DI MEDIA SOSIAL TWITTER
Author: Arjuni, Sandy
Abstract: Twitter merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan penggunanya menulis tentang berbagai topik dan membahas isu-isu yang tejadi. Banyak pengguna Twitter yang mem-posting komentarnya tentang suatu produk atau layanan. Hal tersebut dapat digunakan sebagai sumber data untuk menilai sentimen masyarakat terhadap suatu produk di Twitter. Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis sentimen terhadap produk Televisi berlangganan dengan mengguakan algoritma Support Vector Machine untuk mengklasifikasi menjadi sentimen positif, negatif dan netral. Penulis menggunakan 5836 data tweet untuk dua produk Televisi berlangganan yaitu Indovision dan Firtsmedia. Data tersebut diklasifikasi secara manual dan dibagi ke dalam masing-masing objek untuk ditentukan sentimennya secara otomatis. Penulis menggunakan 596 data testing yang diujikan melalui empat skema data dan tiga skenario sampling type. Penelitian ini menghasilkan tingkat accuracy sebesar 72.42%, precision sebesar 73.41% dan recall sebesar 92.04% untuk data Indovision dan accuracy sebesar 76.18%, precision sebesar 79.98% dan recall sebesar 94.11% untuk data Firstmedia.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7176
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 75.60Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 889.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 77.02Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 90.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 77.56Kb PDF View/Open
Daftar Simbol.pdf 88.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 134.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 243.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 174.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.993Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 334.7Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 105.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 83.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record