ANALISIS PERBANDINGAN QOS VOIP PADA JARINGAN WIMAX 802.16E MENGGUNAKAN SCHEDULING SERVICE BEST EFFORT (BE) DAN UNSOLICITED GRANT SERVICE (UGS)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN QOS VOIP PADA JARINGAN WIMAX 802.16E MENGGUNAKAN SCHEDULING SERVICE BEST EFFORT (BE) DAN UNSOLICITED GRANT SERVICE (UGS)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN QOS VOIP PADA JARINGAN WIMAX 802.16E MENGGUNAKAN SCHEDULING SERVICE BEST EFFORT (BE) DAN UNSOLICITED GRANT SERVICE (UGS)
Author: Pratiwi, Nanda Namira Tiarninda
Abstract: Kebutuhan akan teknologi semakin cepat berkembang. Salah satunya adalah dengan adanya voice service dan WiMaX. Masyarakat bisa lebih mudah melakukan komunikasi. WiMaX dapat dikonfigurasi dengan berbagai macam pilihan scheduling service class yang menawarkan kualitas yang berbeda-beda untuk voice service, dua diantaranya adalah kelas Best Effort (BE) dan UGS. Schedullling service class adalah layanan yang diberikan WiMaX untuk memaksimalkan kinerja jaringan baik untuk voice service ataupun layanan lainnya seperti video dan lain-lain. Pengujian dan perbandingan performa dari masing-masing kelas yaitu BE dan UGS penting dilakukan untuk memilih kelas manakah yang lebih cocok untuk voice service. Dengan menggunakan simulator Opnet Modeler, dapat diketahui kelebihan dari kelas-kelas penjadwalan WiMaX dan kelas manakah yang cocok untuk voice service. Kelebihan tersebut dapat dilihat dari parameter QoSnya seperti jitter, delay dan throughput. Kelas penjadwalan yang baik adalah kelas yang memenuhi kebutuhan WiMaX tersebut. Dilihat dari parameter QoSnya, kedua kelas baik BE dan UGS memiliki kemampuan yang baik untuk memenuhi kebutuhan voice service, namun UGS sedikit lebih baik dibandingkan dengan BE, bisa dilihat dari rata-rata QoS yang dihasilkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7172
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 235.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 156.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.70Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 126.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 130.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 374.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 138.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 917.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 715.7Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 119.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record