PERBANDINGAN METODE ROI DENGAN METODE EVA SEBAGAI PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (survey pada perusahaan semen yang terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

PERBANDINGAN METODE ROI DENGAN METODE EVA SEBAGAI PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (survey pada perusahaan semen yang terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: PERBANDINGAN METODE ROI DENGAN METODE EVA SEBAGAI PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (survey pada perusahaan semen yang terdaftar di BEJ)
Author: Nurmaulidatunnisa
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji adanya perbedaaan yang signifikan antara ROI dan EVA sebagai pengukur kinerja keuangan perusahaan. ROI merupakan salah satu rasio profitabilitas, yang menghubungkan keuntungan yang diperoleh dari operasi perusahaan (net operating income) dengan jumlah investasi atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan operasi tersebut. Sedangkan EVA adalah pengukuran kinerja keuangan perusahaan yang dihitung dengan mengurangkan NOPAT dengan biaya modal sehingga akan menghasilkan laba ekonomis. Objek dari penelitian ini adalah kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan ROI dan EVA pada tiga perusahaan yang telah terdaftar di bursa efek Jakarta (BEJ), yaitu: PT. Semen Cibinong Tbk. (Holcim), PT. Semen Gresik Tbk., dan PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk. Data berasal dari laporan keuangan perusahaan selama tiga (3) tahun yaitu dari tahun 2002 hingga tahun 2004. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komperatif dan pengujian hiotesis dilakukan dengan uji T student dengan pengujian dua pihak (two tails test) dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar -1.976 dimana nilai tersebut lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar 2.306 (-1.976<2.306). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode ROI dan metode EVA sebagai pengukur kinerja keuangan perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7149
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.62Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.41Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.92Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 62.40Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 145.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 56.62Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 173.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record