STUDI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KONVERSI BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJEMEN PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT “X”)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KONVERSI BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJEMEN PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT “X”)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KONVERSI BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJEMEN PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT “X”)
Author: Tjarbini, Yuliani
Abstract: Dengan semakin berkembangnya dunia industri dan adanya teknologi yang semakin pesat maka masalah-masalah yang timbul akan semakin kompleks. Selain itu juga perusahaan-perusahaan akan menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam usaha mereka untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu untuk mendapatkan laba. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka dibutuhkan informasi dan data yang cepat, cermat serta dapat dipercaya, sehingga dapat membantu manajemen untuk mendapatkan keefektifan prosedur kegiatan dan struktur pengendalian internal. Dengan adanya sistem informasi akuntansi konversi berbasis komputer yang memadai akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, terutama dalam memberikan informasi yang cepat, tepat, aman, dan akurat serta membantu pimpinan perusahaan dalam menyusun dan mengolah data produksi yang jumlahnya cukup banyak melalui perangkat keras dan perangkat lunak yang dimiliki oleh perusahaan sehingga kinerja manajemen produksi dapat meningkat. Berdasarkan uraian diatas penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Studi Penerapan Sistem Informasi Konversi Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen produksi Perusahaan”. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian berdasarkan data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan teoriteori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, kemudian ditarik suatu simpulan. Alat dan indikator pengukuran yang digunakan oleh perusahaan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert, dan menggunakan pengujian statistik untuk pengujian validitas (Product Moment) dan reliabilitas (Spearman) dan untuk menghubungkan antar variabel penulis melakukan korelasi berdasarkan Rank Spearman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder yang mendukung masalah yang ditelti oleh penulis. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,787 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penerapan sistem informasi akuntansi konversi berbasis komputer (variabel X) dengan peningkatan kinerja manajemen produksi perusahaan (variabel Y). Adapun nilai koefisien determinasi (r) adalah 61,93% yang menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi konversi berbasis komputer (variabel X) dengan peningkatan kinerja manajemen produksi perusahaan (variabel Y) sebesar 61,93%, sedangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti adalah sebesar 38,07%. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebesaran (n-2) dapat dibuktikan bahwa nilai t hitung sebesar 2,967 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,306 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian studi penerapan sistem informasi akuntansi konversi berbasis komputer untuk meningkatkan kinerja manajemen produksi perusahaan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7136
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 47.00Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.65Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.63Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.35Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 20.98Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.02Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 144.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 75.90Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 253.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.59Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record