PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia, Persero Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia, Persero Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia, Persero Bandung)
Author: Larasati, Indah Swastika
Abstract: Perkembangan ekonomi yang semakin pesat mengakibatkan dunia usaha menghadapi permasalahan yang semakin kompleks dan dinamis. Pengelolaan di bidang keuangan baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek selalu berkaitan dengan kegiatan perusahaan sehari-hari, termasuk di dalamnya penentuan modal kerja. Ketidakcermatan dalam memilih sumber dan alokasi modal kerja mengakibatkan terganggunnya kegiatan operasional perusahaan. Dan jika berlangsung secara terus-menerus akan mempengaruhi tingkat likuiditas perusahaan dan nantinya akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui analisis manajemen modal kerja yang terdapat di perusahaan, untuk mengetahui tingkat signifikasi pengaruh manajemen modal kerja terhadap likuiditas perusahaan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen modal kerja terhadap tingkat likuiditas perusahaan. Data yang diambil pada penelitian ini, berupa data laporan keuangan perusahaan (neraca dan laporan laba rugi) dari PT.INTI pada tahun 2001-2006. Teknik pengumpulan data sekunder yang digunakan penulis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, analisis manajemen modal kerja dalam aktiva lancar pada PT. INTI secara keseluruhan cenderung mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan modal kerja lebih banyak berasal dari kewajiban jangka pendek dalam utang usaha dan utang bank sehingga menambahkan aktiva lancar perusahaan. Sedangkan perkembangan hutang lancar cenderung mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan modal kerja perusahaan sebagian besar dari kewajiban jangka pendeknya melalui utang usaha dan perusahaan belum dapat memenuhi sepenuhnya kewajiban jangka pendeknya dengan baik. Dari hasil analisis statistik diketahui nilai t hitung < nilai t tabel, maka H0 diterima. Hal ini dibuktikan dengan keseluruhan pehitungan uji t dibandingkan dengan nilai tabel. Yang berarti bahwa modal kerja tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas perusahaan. Besarnya pengaruh manajemen modal kerja terhadap tingkat likuiditas perusahaan berdasarkan perhitungan current ratio, quick ratio, cash ratio dan working capital to total assets ratio cenderung mengalami peningkatan sebesar 31,42%. Berdasarkan current ratio pengaruhnya sebesar 21,72%. Sisanya 78,28% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Quick ratio pengaruhnya sebesar 22,18%. Sisanya 77,82% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Cash ratio pengaruhnya sebesar 30,58%. Sisanya 69,42% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Working capital to total assets ratio pengaruhnya sebesar 53,14%. Sisanya 46,86% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7134
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.910Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.54Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.75Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.05Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.52Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.82Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 73.79Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 190.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 193.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.37Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.05Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record