EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. SANLIT INTI PLASTIK)

Widyatama Repository

EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. SANLIT INTI PLASTIK)

Show full item record

Title: EVALUASI PENERAPAN BIAYA STANDAR DALAM EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada PT. SANLIT INTI PLASTIK)
Author: Haryadi, Yudi
Abstract: Adanya krisis global yang melanda banyak Negara sehingga perusahaan harus berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar agar dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Suatu cara untuk mempertahankan bisnisnya adalah dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari setiap aktivitas perusahaan terutama aktivitas produksi Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang baik terhadap proses produksi yang akan dilaksanakan, termasuk didalamnya diperlukan suatu alat pengendalian yang berguna untuk menilai rencana yang telah ditetapkan dengan pelaksanaan produksi yang sesungguhnya terjadi. Salah satu alat pengendalian terhadap biaya produksi adalah dengan menerapkan biaya standar. Dalam penelitian ini penulis mengambil topik mengenai evaluasi penerapan biaya standar dalam efektivitas pengendalian biaya produksi. Penerapan biaya standar tersebut untuk membuat perbandingan antara biaya sesungguhnya dengan biaya standar secara periodik, dengan maksud untuk mengukur dalam pelaksanaan dan mengoreksi ketidakefisienan dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT. Sanlit Inti Plastik, yaitu perusahaan yang memproduksi botol. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyusun, menganalisa dan menginterpretasikan data, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil dari perhitungan presentase jawaban responden atas penyebaran kuesioner, dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya standar yang diterapkan oleh perusahaan ternyata berfungsi dalam pengendalian biaya produksi. Dan saran yang penulis ajukan pada perusahaan, sebaiknya perusahaan meningkatkan koordinasi dan kerjasamanya antara tiap-tiap bagian, menetapkan batas toleransi penyimpangan yang dianggap material, dan sebaiknya penelitian terhadap penyimpangan dilakukan oleh bagian khusus.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7130
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 135.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 90.66Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 92.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 119.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 88.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 88.74Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 199.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 173.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 217.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 115.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record