PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Grand Pasundan Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Grand Pasundan Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN JASA SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Grand Pasundan Bandung)
Author: Martiani, Yossi Aulia
Abstract: Tujuan dari setiap perusahaan perhotelan adalah memperoleh laba dengan kontinuitas usaha yang terjamin. Oleh karena itu, aktivitas penjualan sewa kamar merupakan hal yang sangat penting agar tujuan usaha perhotelan dapat tercapai, karena merupakan salah satu sumber utama penghasilan hotel. Agar aktivitas tersebut mendukung tercapainya tujuan perusahaan, maka pengendalian internal yang efektif dengan bantuan dukungan dan pemeriksaan dari audit internal sangat diperlukan. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Peranan Audit Internal Sebagai Alat Manajemen dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Jasa Sewa Kamar” (Studi kasus Pada Hotel Grand Pasundan Bandung)”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 15 responden pada bagian yang ada hubungannya dengan Audit Internal di lingkungan Hotel Grand Pasundan Bandung. Dari hasil penelitian tentang pelaksanaan audit internal atas penjualan jasa sewa kamar yang dijalankan oleh Hotel Grand Pasundan dapat dilihat dari jawaban responden yang menyatakan sangat setuju sebesar 22,20%, menyatakan setuju 52,50%, menyatakan ragu-ragu sebesar 16,00%, tidak setuju 8,60% dan 0,70% menyatakan sangat tidak setuju. Dari analisis yang dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa audit internal telah dilaksanakan dengan memadai. Sedangkan penjualan jasa sewa kamar yang dilaksanakan oleh Hotel Grand Pasundan berdasarkan pernyataan responden yang memberikan jawaban sangat setuju 19,60%, menjawab setuju 56,40%, sedangkan yang ragu-ragu 15,00%, tidak setuju sebesar 8,90%, dan responden yang menyatakan sangat tidak setuju sebanyak 0,10%. Dari analisis yang dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa penjualan jasa sewa kamar yang dilaksanakan oleh Hotel Grand Pasundan Bandung telah efektif. Peranan audit internal dalam menunjang efektivitas penjualan jasa sewa kamar di Hotel Grand Pasundan berdasarkan perhitungan rank spearman nilai rs yaitu 0,68. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat hubungan yang kuat antara peranan audit internal penjualan dengan efektivitas penjualan jasa sewa kamar. Perhitungan Koefisien determinasi audit internal penjualan berperan dalam menunjang efektivitas penjualan jasa sewa kamar sebesar 46,24%. Hasil pengujian hipotesis, yaitu dengan membandingkan antara nilai t hitung dengan nilai t tabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n – 2 adalah 1,35. Ini berarti bahwa nilai t hitung (3,34) > t tabel (1,35), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis yaitu “audit internal yang dilaksanakan dengan memadai akan berperan dalam menunjang efektivitas penjualan jasa sewa kamar“ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7129
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 119.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 125.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 166.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 190.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 254.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 124.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 111.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record