HUBUNGAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN ( Studi Kasus pada PT INTI (Perero) Divisi JTT Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN ( Studi Kasus pada PT INTI (Perero) Divisi JTT Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN PEMERIKSAAN OPERASIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN ( Studi Kasus pada PT INTI (Perero) Divisi JTT Bandung)
Author: Oktaviani, Wulan
Abstract: Penjualan merupakan departemen yang sangat penting bagi perusahaan, karena dari aktivitas tersebut dapat dilihat apakah target suatu system pengendalian guna mencegah timbulnya tindakan penyelewengan yang akan merugikan perusahaan. Hal ini dilakukan karena penjualan merupakan sumber penghasilan utama bagi perusahaan di dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Adapun penelitian yang penulis lakukan adalah bertujuan untuk mengetahui hubungan pemeriksaan operasional dengan pengendalian intern penjualan pada PT.INTI (Persero) Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan bantuan instrumen berupa kuesioner yang ditujukan kepada bagian penjualan JTT dan internal audit dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji Kolerasi Rank Spearman. Dari hasil analisis dan perhitungan kolerasi diperoleh koefisien kolerasi rank spearman ( rs )sebesar 0,8543 . Hal ini menunjukan hubungan yang sangat kuat antara pemeriksaan operasional dengan efektivitas pengendalian intern penjualan. Koefisien determinasi (Kd) sebesar 72,9% artinya dapat ditaksirkan bahwa dengan adanya hubungan pemeriksaan operasional dengan efektivitas pengendalian intern penjualan sebesar 72,9% dan sisanya sebesar 27,1% dipengaruhi faktor lain. Dari hasil analisis dan perhitungan kolerasi tersebut diperoleh nilai t sebesar 2,160, karena thitung > ttabel ( 5,9256 >2,160), maka dengan ini dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemeriksaan operasional dengan efektivitas pengendalian intern penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7127
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 78.71Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.19Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 69.78Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 78.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 73.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 70.80Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 67.30Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 67.58Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 92.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 125.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 228.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 69.73Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record