ANALISIS PENGARUH RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP IURAN PENSIUN DARI PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (Studi Kasus pada Dana Pensiun PLN, Jakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP IURAN PENSIUN DARI PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (Studi Kasus pada Dana Pensiun PLN, Jakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP IURAN PENSIUN DARI PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (Studi Kasus pada Dana Pensiun PLN, Jakarta)
Author: Maulidha, Veny Eka
Abstract: Dana Pensiun merupakan suatu Lembaga yang berbadan hukum yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti dan berkewajiban untuk mengelola aktiva investasi. Dalam pengelolaan aktiva investasi ini tentunya akan mempengaruhi besarnya Rasio Kecukupan Dana yang dimiliki oleh Dana Pensiun yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan Dana pensiun untuk dapat memenuhi kewajibannya terhadap para Peserta Pensiun, yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi jumlah Iuran Pensiun, yang akan dibayar oleh Pemberi Kerja. Dengan demikian perlu adanya pengukuran antara manfaat yang dibayarkan oleh Dana Pensiun dengan kemampuan dari Dana Pensiun. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Rasio Kecukupan Dana Terhadap Iuran Pensiun Dari Pemberi Kerja Pada Program Pensiun Manfaat Pasti.” Adapun tujuan dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Return On Investment terhadap Rasio Kecukupan Dana, apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Rasio Kecukupan Dana terhadap Iuran Pensiun dari Pemberi Kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengolah data tersebut digunakan Metode Analisis Jalur (Path Analysis Method) yang dapat digunakan untuk mengetahui pola hubungan yang mengungkapkan pengaruh antar variabel tersebut. Pengujian dengan uji F. Sneedecor untuk uji keseluruhan. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 0,95. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa Hipotesis pertama dan kedua ditolak. Adapun besarnya pengaruh Rasio Kecukupan Dana yang dalam hal ini dipengaruhi oleh Return On Investment terhadap Iuran Pensiun dari Pemberi Kerja adalah sebesar 85,9% dan terdapat pengaruh variabel luar sebesar 14,1%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Return On Investment memiliki penguruh terhadap Rasio Kecukupan Dana dan Rasio Kecukupan Dana memiliki pengaruh dengan tingkat keeratan dan signifikansi yang tinggi terhadap Iuran Pensiun dari Pemberi Kerja. Penelitian ini merekomendasikan bagi PT. PLN untuk melakukan investasi selain investasi jangka pendek agar dana yang dimiliki oleh Dana Pensiun dapat berkembang dan juga mengadakan kerja sama dibidang usaha yang memiliki prospek yang baik untuk berinvestasi. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan seorang manajer investasi dari perusahaan konsultan investasi untuk pemilihan investasi yang optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7126
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.73Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.02Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 35.19Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.28Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 84.96Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 169.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 109.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 219.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.59Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.49Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record