PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ( Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Unit Swadana Daerah Kabupaten Sumedang )
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Topik penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan kesehatan pada bagian rawat
inap di Rumah Sakit Umum Unit Swadana Daerah Kabupaten Sumedang yang berlokasi
di jalan. Palasari dan Jalan Geusan Ulum Kabupaten Sumedang. Yang menjadi objek
penelitian adalah pelayanan kesehatan serta korelasinya dengan audit internal.
Sebagaimana kita tahu bahwa kesehatan merupakan hal yang terpenting yang
berada di dalam hidup manusia, sehingga kita harus menjaganya dengan baik. Untuk
menjaga kesehatan tersebut banyak sekali bermunculan berbagai jenis layanan kesehatan
seperti, puskesmas, rumah sakit, dinad kesehatan, depertemen kesehatan, dan organisasi
kesehatan lainnya yang mempunyai tugas mengemban masyarakat ke dalam hidup yang
lebih sehat. Sebagai organisasi layanan kesehatan maka sudah seharusnya mereka mampu
menciptakan mutu pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan pasien atau konsumen
baik internal maupun eksternal.
Layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan kesehatan yang mampu
menciptakan keluaran yang memuaskan konsumen atau pasien dan mampu memenuhi
harapan pasian, yakni mampu membuat pasien sembuh, dan mampu memberikan
pelayanan yang terbaik dengan biaya yang terjangkau. Hasil layanan kesehatan yang
bermutu hanya mungkin dihasilkan oleh pekerjaan yang benar yang dilakukan
berdasarkan fungsinya pada tiap bagian. Untuk menghasilkan pelayanan yang bermutu
maka Rumah sakit sebagai organisasi layanan kesehatan membutuhkan suatu alat ukur
untuk mengukur pelayanan, agar segala aktivitas Rumah sakit dapat di kendalikan, alat
ukur tersebut adalah Audit Internal atau pemeriksaan internal. Dengan pemeriksaan
internal maka dapat membantu kerja sama antar manajemen atau semua pihak Rumah
sakit untuk menghasilkan keluaran yang bermutu sehingga tujuan dapat tercapai.
Dengan latar belakang tersebut, maka penulis melakukan penelitian pada bagian
rawat inap di sebuah Rumah sakit pemerintah di Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui kememadaian audit internal serta berperan tidaknya audit
internaldalam menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu.
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pengujian hipotesis dan
menjawab masalah di atas, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan
pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk memperoleh data lapangan selain hasil dari
kuesioner dan wawancara, penulis juga melakukan observasi atas catatan-catatan dan
dokumen-dokumen yang dimiliki pihak Rumah sakit. Dalam hal ini penulis juga
menggunakan studi kepustakaan dan browsing via internet untuk mendapatkan data
sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan
kenyataan yang ada selama penelitian dilakukan.
Hasil penelitian diketahui bahwa Audit Internal dilaksanakan dengan kurang baik,
dan kurang memadai. Hal ini terlihat dari hasil yang ditunjukkan sebesar 48,8 % untuk
variabel peranan Audit Internal, hasil sebesar 50,2 % untuk variabel pelaksanaan
pelayanan kesehatan, dan untuk Audit Internal berperan dalam menunjang mutu
pelayanan kesehatan ditunjukkan dengan hasil 49,4 %. Dengan demikian dapat
disimpulkan Audit Internal RSUD Kabupaten Sumedang belum berjalan dengan baik
sehingga kurang berperan dalam menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu.
Description
Keywords
Audit Internal, Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Di Rumah Sakit