PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BIAYA REKAM MEDIS (Studi Kasus pada RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BIAYA REKAM MEDIS (Studi Kasus pada RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BIAYA REKAM MEDIS (Studi Kasus pada RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi)
Author: Dera, Tisa
Abstract: Rekam medis memegang peranan penting dalam sebuah rumah sakit, karena rekam medis merupakan catatan kesehatan yang berisikan semua informasi mengenai seorang pasien, keadaan pasien, data pengobatannya, dalam hal mana pemasukan data dicatat secara beruntun sesuai dengan saat kejadiannya. Tanpa dukungan rekam medis yang tepat dan akurat upaya tertib administtrasi rumah sakit akan kurang berhasil. Seiring berjalannya waktu kegiatan rekam medis akan semakin meningkat pula dengan adanya pasien baru, pasien rawat inap, pasien gawat darurat, pasien masuk dan pasien keluar dsb adalah kegiatan rekam medis akan semakin besar. Peningkatan biaya rekam medis akhirnya akan mempengaruhi besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu dalam pencapaian efektivitas biaya rekam medis diperlukannya suatu peranan akuntansi pertanggungjawaban Berdasarkan pemikiran diatas, penulis melakukan penelitian pada RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa kesehatan yang berlokasi di jalan Syamsudin, SH No 1 Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban pada RSUD R. Syamsudin, SH, (2) Mengetahui efektivitas biaya rekam medis pada RSUD R. Syamsudin, SH, (3) Mengetahui peranan akuntansi pertaggungjawaban dalam mencapai efektivitas biaya rekam medis pada RSUD R. syamsudin, SH. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, yang meneliti kenyataan yang ada diperusahaan kemudian membandingkannya dengan teori yang ada. Sedangkan tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah adalah melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan penelitian langsung ke rumah sakit guna melakukan wawancara dan mengajukan kuesioner dalam memperoleh data primer. Penulis juga melakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis penyusunan skripsi ini. Untuk membuktikan hipotesis penulis menggunakan ketentuan yang dikemukakan oleh Dean J.Champion Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi, penulis memiliki kesimpulan bahwa : peranan akuntansi pertanggungjawaban sangat berperan dalam mecapai efektivitas biaya rekam medis. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan kuesioner sebesar 80,76% selain itu penerapan akuntansi pertanggungjawaban sudah memadai dilihat dari kriteria-kriteria yang telah ditetapkan seperti adanya struktur organisasi, terdapatnya anggaran, terdapat laporan pertanggungjawaban terhadap kepala bidang yang bertanggungjawab. Tercapainya biaya rekam medis yang efektif dapat dilihat dari hasil laporan anggaran dan realisasi biaya rekam medis tahun 2006 dimana penyimpangan biaya rekam medis terjadi kurang dari 10 %.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7121
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.541Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.04Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.75Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 88.93Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 47.62Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 108.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.79Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record