STUDI PENERAPAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi Kasus pada PT Kertasari Food)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi Kasus pada PT Kertasari Food)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi Kasus pada PT Kertasari Food)
Author: Fitria, Shinta Aidil
Abstract: Era globalisasi dalam dunia bisnis dan perkembangan teknologi yang sangat cepat saat ini, menuntut perusahaan untuk dapat mengelola dan mengembangkan perusahaannya seoptimal mungkin. Suatu perusahaan tidak pernah bisa lepas dari permasalahan yang ada. Permasalahan itu memerlukan pemecahan yang cepat dan tepat dari manajemen dalam pengambilan keputusan. Salah satu permasalahan yang menuntut manajemen perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan dengan tepat ini adalah keadaan perusahaan yang masih belum berada pada kapasitas penuh (full capcity) atau perusahaan mempunyai kapasitas yang menganggur. Penerimaan pesanan khusus merupakan salah satu pengambilan keputusan yang diambil oleh manajemen dalam memecahkan masalah memanfaatkan kapasitas yang menganggur. Dalam menerima pesanan khusus ini harus didasarkan pada analisis informasi akuntansi diferensial terutama analisis biaya diferensial (differential cost) dan pendapaatn diferensial (differential revenue). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penerapan analisis informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Penelitian ini dilakukan pada PT Kertasari Food, dengan menggunakan metode deskiptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yaitu melalui observasi dan wawancara serta data sekunder yang merupakan hasil dari penelitian kepustakaan. Teori penelitian menunjukan bahwa indikator penerimaan pesanan khusus adalah adanya kapasitas yang menganggur, adanya pemisahaanan antara biaya tetap dan biaya variabel, adanya pemisahaan pasar antara pasar reguler dengan pasar pesanan khusus, harga jual di bawah harga jual normal, adanya analisis biaya diferensial (differential cost), adanya analisis pendapatan diferensial (differential revenue) dan adanya peningkatan terhadap laba perusahaan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pada PT Kertasari Food terdapat indikator tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penerapan informasi akuntansi diferensial pada PT Kertasari Food telah memadai. Melalui analisis informasi akuntansi diferensial, diketahui bahwa keputusan perusahaan pada tahun 2006 untuk menerima pesanan khusus adalah tepat, karena pesanan khusus tersebut memenuhi salah satu syarat utama penerimaan pesanan khusus yaitu masih ada kapasitas yang menganggur dan pendapatan dari pesanan khusus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan untuk pesanan khusus tersebut, sehingga laba perusahaan meningkat sebesar Rp 1.337.121,8.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7119
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.32Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.00Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.84Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.28Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.60Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.51Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 63.51Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 51.06Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 147.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.21Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.03Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record