PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Kelompok Industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Kelompok Industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA PERUSAHAAN TERHADAP PEMBAGIAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Kelompok Industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta)
Author: Raditya, Sendy
Abstract: Laporan keuangan merupakan suatu media yang dapat memberikan gambaran dan informasi mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan dianalisis untuk mengetahui arti dari angkaangka yang tercantum dalam laporan keuangan tersebut sehingga bermanfaat bagi para pemakainya. Selain itu dengan menganalisis laporan keuangan dapat diketahui prestasi perusahaan dari tahun ke tahun dan hasil dari analisis tersebut dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Berdasarkan uraian penulis melakukan penilaian untuk skripsi ini denga judul “Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Pembagian Dividen ( Studi Kasus pada kelompok industri Farmasi di Bursa Efek Jakarta )”. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kinerja perusahaan terhadap pembagian dividen. Perusahaan farmasi yang diteliti yaitu PT Bristol Myers Squibb Indonesia Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Merck Tbk, dan PT Tempo Scan Pacific Tbk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah data sekunder, adapun metode yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan adalah metode analisis horizontal (dinamis) dengan teknik analisis rasio yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio profitabilitas atau rentabilitas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio dividen payout. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik statistik parametris yang terdiri dari koefisiensi korelasi ganda dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa kinerja perusahaan berpengaruh terhadap pembagian dividen perusahaan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan tidak mempunyai pengaruh terhadap pembagian dividen karena tidak ada satu pun variabel yang signifikan dan tidakada persamaan linier antara variabel independen terhadapa variabel dependen dan persamaan regresi tidak dapat digunakan. Hal ini dikarenakan pembagian dividen ditentukan oleh rapat umum pemegang saham (RUPS), kebijakan melakukan investasi, dan retained earning. Saran yang diberikan kepada PT Kimia Farma Tbk supaya lebih efektif dan efisien dalam pengeluaran biaya, kepada PT Merck supaya mempertahankan kinerjanya dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya, kepada PT Bristol Myers Squibb Indonesia Tbk supaya mencari penyebab fluktuasi laporan keuangannya, dan kepada PT Tempo Scan Pacific Tbk supaya lebih efektif dan efisien dalam pengeluaran biaya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7118
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 197.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 126.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 126.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 125.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 94.20Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 206.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 156.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 269.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 128.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 143.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record