PERANAN ANGGARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. Anugrah Lahan Baru)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. Anugrah Lahan Baru)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. Anugrah Lahan Baru)
Author: Nursalam, Ridwan
Abstract: Kegiatan yang berada di PT. Anugrah Lahan Baru saling berhubungan satu dengan yang lainnya, sehingga diperlukan perencanaan, koordinasi, dengan pengendalian yang tepat agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Yang menjadi objek penelitian adalah PT. Anugrah Lahan Baru yang berlokasi di Jl. Senyiur Indah 3 blok C no 62 Samarinda Kalimantan Timur. Tujuan dilakukan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui peranan anggaran biaya operasional dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional pada perusahaan. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penyusunan skripsi ini adalah : "Anggaran biaya operasional yang memadai, berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasi ". Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analitis yaitu metode yang berusaha mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, menyajikan dan menganalisnya sehingga dapat memberikan perbandingan yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan penelitian kepustakaan diperoleh dengan mempelajari literatur dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh penulis pada PT. Anugrah Lahan Baru dapat disimpulkan bahwa penyusunan anggaran operasional pada PT. Anugrah Lahan Baru telah memadai, hal tersebut dapat dilihat dari indikator terdapatnya prosedur penyusunan anggaran biaya operasional, terdapatnya karakteristik anggaran, terdapatnya syarat anggaran, dan terdapatnya kegunaan anggaran. Pengendalian biaya operasional pada PT. Anugrah Lahan Baru telah efektif, hal tersebut dapat dilihat dari indikator proses pengendalian biaya operasional telah dilaksanakan secara efektif, adanya tujuan pengendalian biaya operasional. Selain itu penganggaran diperusahaan telah berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya opersional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7115
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.15Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 41.73Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 150.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 330.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 207.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 195.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.39Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record