PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PDAM Serang)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PDAM Serang)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PDAM Serang)
Author: Kartikasari, Reni
Abstract: Secara umum, kemampuan perusahaan memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dapat dilakukan dengan mengendalikan operasi perusahaannya secara efektif dan efisien dengan tidak mengabaikan mutu kepada konsumennya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan perusahaan semakin kompleks. Maka dengan demikian diperlukan perencanaan dan pengendalian yang baik, yaitu melalui anggaran. Anggaran sebagai alat pengendalian manajemen yang merupakan serangkaian tahapan untuk memastikan bahwa seluruh aspek dilaksanakan oleh setiap pusat pertanggung jawaban berorientasi pada operasi dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Anggaran juga berperan sebagai alat pengendalian biaya, khususnya yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Dengan adanya anggaran biaya maka akan dapat dihindari terjadinya pemborosan biaya dan dengan demikian akan semakin efektif pengendalian biaya yang dilakukan. Perusahaan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah PDAM Serang yang berlokasi di Jl. K.H. Abdul Khotib Serang Banten yang bergerak dalam bidang pelayanan umum atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan anggaran biaya operasional dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasional. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa kuesioner, wawancara serta observasi langsung, dan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari teori-teori yang berhubungan dengan anggaran biaya operasional. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis statistik. Hasil perhitungan jawaban kuesioner menunjukan bahwa besarnya nilai untuk variabel independen adalah 90,37%, jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti anggaran biaya operasional yang diterapkan oleh PDAM Serang secara memadai berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasional. Sedangkan untuk variabel dependen diperoleh nilai sebesar 93%, jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti pengendalian biaya operasional di PDAM Serang dilaksanakan dengan baik hal ini menunjukan hipotesis “Anggaran biaya operasional yang memadai, berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasional pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Serang”, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PDAM Serang, penulis membuat simpulan dan saran. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa anggaran biaya operasional PDAM Serang berperan dalam menunjang pengendalian biaya operasional, sedangkan saran yang disampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7112
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 89.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 67.60Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 120.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 176.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 170.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 224.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record