MANFAAT PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP GOING CONCERN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

MANFAAT PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP GOING CONCERN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: MANFAAT PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP GOING CONCERN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Geniawanti, Pramita
Abstract: Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa barat dan Banten yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang tenaga listrik, perusahaan jasa-jasa di bidang tenaga listrik. Demi kepentingan perusahaan dalam melakukan investasi dan menciptakan pertambahan maka perusahaan perlu memastikan bahwa manajemen bertindak yang terbaik untuk kepentingan perusahaan. Kepastian seperti itu diberikan oleh sistem tata kelola perusahaan (corporate governance). Sedangkan going concern adalah suatu keadaan di mana hal ini dipengaruhi oleh keadaan financial dan non financial. Kegagalan mempertahankan going concern dapat mengancam kegagalan setiap perusahaan, terutama diakibatkan oleh manajemen yan buruk, kecurangan ekonomis dan perubahan kondisi ekonomi makro seperti merosotnya nilai tukar mata uang dan meningkatnya inflasi secara tajam akibat tingginya tingkat suku bunga. Oleh karena itu, betapa pentingnya penerapan Good Corporate Governance secara efektif di berbagai perusahaan guna mempertahankan going concern. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analitik, yaitu suatu penelitian yang berusaha menyimpulkan, menyajikan, dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis lakukan melalui penelitian lapangan, dan penilaian kepustakaan, dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dan untuk mencapai kesimpulan penulis melakukan pembuktian hipotesis dengan jalan membandingkan data yang diperoleh dari teori-teori yang ada, dengan hasil penelitian di lapangan sesungguhnya. Penelitian dilakukan pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten yang berlokasi di Jl. Cikapundung Barat No.63 Bandung. Hasil pembahasan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa Good Corporate Governance pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten kurang bermanfaat bagi perusahaan dalam mempertahankan Going Concern. Berdasarkan uraian diatas, terlihat bahwa Good Corporate Governance yang ada pada perusahaan kurang memberikan manfaat dalam mempertahankan Going Concern perusahaan. Going concern perusahaan dinilai kurang baik karena dilihat dari rasio keuangan mengalami penurunan kinerja. Dengan demikian dapat diambil simpulan bahwa GCG bukanlah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mempertahankan Going Concern. Terdapat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhinya antara lain: kondisi perekonomian secara umum, kebijakan pemerintah yang dalam kaitan ini, industri perbankan merupakan sector perekonomian yang sangat banyak dipengaruhi oleh berbagai kebijkaan yang dikeluarkan oleh pemerintah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7108
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.03Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 33.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 155.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 114.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 131.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 76.58Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.16Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record